SEMARANG – Maraknya penyebaran virus Corona atau Covid-19, Pondok Pesantren (Ponpes) Life Skill Daarun Najaah mengadakan ngaji online selama bulan Ramadhan. Kegiatan posonan yang biasanya diselenggarakan di pondok, sekarang dapat diakses para santri melalui media online di rumah.

Inisiatif untuk menghidupkan suasana ngaji posonan ini, tentunya bukan tanpa tujuan. Pengasuh Ponpes Life Skill Daarun Najaah Kiai Ahmad Izzuddin menuturkan, ngaji online merupakan bentuk usaha langit berdoa dan tawakal kepada Allah.

“Allah menciptakan makhluk itu tidak hanya manusia saja, melainkan terdapat makhluk yang lain seperti virus corona ini. Maka dari itu, perlu diterapkan selalu kepada seluruh santri agar berikhtiar. Yakni berikhtiar atau usaha dengan berdoa dan tawakal kepada Allah SWT, serta ikhtiar Bumi dengan menjauhi hal-hal yang membuat penyebaran virus,” tuturnya saat mengisi ngaji Nashaihul Ibad melalui live Instagramnya @izzuddin_2008.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai Jumat (24/4) awal bulan Ramadhan 1441 H/2020 M, juga diisi beberapa kajian kitab. Diantaranya kitab Nashaihul Ibad dan Washiyatul Musthofa, yang diisi oleh pengasuh pondok Kiai Ahmad Izzuddin lewat live Instagramnya @izzuddin_2008. Kitab Assirul Jalil yang diisi oleh Ustadz Muhammad Himmatur Riza lewat live Instagramnya @riza_r.m. Kitab Risalatul Mahid yang diisi oleh Ustadzah Fitri Kholilah lewat live Instagramnya @kariinakholil. Kitab Hisab Awal Bulan Almanac Nautica, yang diisi oleh Ustadz Restu Trisna Wardani lewat live Instagramnya @restu_trisna. Kitab Al Khulashah Al Waalafiyah, yang diisi oleh Ustadz Muhammad Habiburrahman lewat live Instagramnya @habiburrahman98. Kitab Fathul Qorib, yang dipimpin oleh Ustadz Ahmad Badrul Huda Annadhifi lewat live Instagramnya @ha_annadhifi. Serta kitab Hisab dan Praktik Arah Kiblat, yang dipimpin oleh Ustadz Muhammad Azkal Huda lewat live Instagramnya @muchammad.azka. (Sekarwati)